Wednesday, December 30, 2009

Ayah Nomor Wahid



Pasti bukan hanya Andrea Hirata saja yang merasa bahwa ayahnya adalah ayah juara satu di dunia, saya juga demikian, ayah saya adalah ayah nomor wahid seantero jagad :)

Teringat masa-masa kecil dulu, ketika hampir tiap hari ayah membersihkan sepatu saya sebelum berangkat sekolah, mengikatkan tali sepatu yang menurut saya -saat itu- sangat ribet, membujuk saya agar memakai baju buatan ibu dan tidak perlu membeli baju di mall seperti anak-anak lain, mengusahakan agar saya dapat membeli buku tulis baru tiap tahun dan saya ngambek karena dibelikan buku yang kualitasnya di bawah merk Sinar Dunia -merk SiDu waktu saya SD sudah bagus banget-, ayah yang setia menemani ibu saat Beliau sedang berjuang dengan penyakit yang dideritanya, ayah yang senantiasa bekerja keras untuk menghidupi keluarga dan berusaha membantu sanak famili...

Teringat masa-masa SMP, saat saya di Boarding School, ayah yang mengantar saya dari Jakarta ke Solo, saat di kereta api, ayah rela tidur di bawah beralaskan koran agar saya bisa tidur diatas kursi, sesampainya di sana, kami pergi jalan-jalan ke Tawang Mangu, saya bahagia sekali saat itu. Kemudian, sebelum ayah melepas saya, Beliau berpesan agar saya bersungguh-sungguh menuntut ilmu dan mengamalkannya. Perjuangan ayah saat akan mengirimkan paket untuk saya, Beliau yang ketika saya menelepon senantiasa berkata "Sehat-sehat saja kan nak" ...

Teringat masa-masa SMU. Ayah-lah yang pertama kali mengatakan pada saya bahwa perjalanan hidup ini seperti roda berputar, kadang di atas dan kadang di bawah, sebagai manusia jika diberi nikmat maka kita harus bersyukur kepada Allah dan jika diberi cobaan bersabarlah..

Penuh rasa syukur saya atas nikmat berupa orangtua yang amat penyayang, yang kasihnya tak akan pernah lekang oleh waktu, hingga kini dan sampai nanti.

Dari Abdullah bin Mas’ud -semoga Allah meridhoinya-, dia berkata : Saya bertanya kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam: Apakah amalan yang paling dicintai oleh Allah?, Bersabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam: "Sholat tepat pada waktunya", Saya bertanya : Kemudian apa lagi?, Bersabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam "Berbuat baik kepada kedua orangtua". Saya bertanya lagi : Lalu apa lagi?, Maka Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : "Berjihad di jalan Allah". 
(Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam Shahih keduanya).

pic courtesy: Getty Images